Membuat Ringtone iPhone menggunakan iTunes

iPhone hanya menggunakan file berformat .m4r sebagai ringtone-nya. Jika anda memiliki sebuah file .mp3 yang hendak dijadikan ringtone di iPhone, maka harus dikonversikan dulu ke format .m4r. Dalam tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat ringtone iPhone dengan menggunakan iTunes.
Jalankan iTunes. Pertama ubah Import Setting iTunes menjadi AAC Encoder. Klik menu Edit, pilih Preferences, klik tab General, lalu klik tombol Imports Setting.

01_preference
Kemudian ubah Import Using menjadi AAC Encoder. Untuk Setting boleh memilih iTunes Plus, tetapi ini berpengaruh ke ukuran file yang lebih besar namun kualitas lebih bagus. Contohnya menggunakan iTunes Plus ukuran file 1,243 KB, tetapi jika High Quality hanya 777 KB.
02_Import_setting
Klik tombol OK dan OK lagi.
Langkah berikutnya pilih lagu yang akan dibuatkan ringtone dan tentukan durasinya maksimal 30 detik, lalu klik kanan pada lagu tersebut pilih Get Info
03_duration
Sebenarnya ketika kita klik kanan terdapat juga menu Create Ringtone, tetapi itu hanya bisa dibuatkan ringtone jika lagu tersebut kita beli dari iTunes Store. Jika kita pilih Create Ringtone akan muncul pop up window seperti di bawah ini:
04_ringtone
Setelah memilih Get Info, klik tab Option, lalu cek Start Time tentukan waktu mulai dan cek Stop Time tentukan waktu akhir. Lalu klik tombol OK.
05_option_start_end
Kemudian klik menu Advanced dan pilih Create AAC Version.
06_create_aac
Sebuah file baru akan terbentuk dengan nama atau judul lagu sama dengan file aslinya, tetapi memiliki durasi 30 detik atau kurang sesuai dengan yang telah ditentukan tadi.
07_copy
Klik tanpa dilepas dan tarik file tersebut ke Desktop. Sebuah file baru berformat .m4a akan terbentuk di Desktop.
08_drag
Lalu copy file tersebut ke folder lain tempat anda akan menyimpan file-file ringtone di komputer anda. Kemudian ganti format file dari .m4a menjadi .m4r. Jika di komputer anda tidak dapat membaca format file, perlu diaktifkan dulu di Folder Options (masuk ke Control Panel – Folder Option, klik tab View dan uncheck “Hide extension for known file types”).
09_rename
Jika keluar pop up window seperti di bawah ini, klik Yes saja.
10_yes
Sekarang kembali ke iTunes, delete file yang kita buat sebelumnya karena yang itu masih berformat .m4a dan akan kita gantikan dengan yang baru dengan format .m4r. Klik kanan pada file tersebut, pilih Delete, pop up window akan muncul, klik tombol Remove dan Move to Recycle Bin.
11_delete
Setelah itu kita perlu menambahkan file ringtone yang berformat .m4r ke iTunes, caranya buka folder di mana anda menyimpan file tersebut, klik jangan dilepas lalu tarik ke iTunes seperti gambar berikut ini.
12_klik_drag
Sekarang bisa dicek di iTunes dan ringtone yang baru kita tambahkan ke iTunes akan ada di sana dan bisa di synchronize ke iPhone.
13_ringtone
Jangan lupa Start Time dan Stop Time pada lagu asli tadinya diuncek lagi.

0 komentar:

Post a Comment

FOLLOW ME WILL BE FOLLOW YOU
JANGAN BUANG SPAM SEMBARANGAN LHO ^_^

Recent post