Cara nokia s40 akan menjelma jadi Sistem Operasi Meltemi | Gabungan Symbian & MeeGo ?


smarterphone-001.jpg
Symbian dan MeeGo mungkin akan berRenkarnasi di Dunia ini melalui OS baru yang (mungkin) akan dikenalkan nokia tanggal 27 februari ini.
OS meltemi ini kurang lebih akan mirip dengan nokia s40 saat ini, kalau kita perhatikan nokia s40 (by default) lebih cantik dari symbian. Perhatikan foto yang saya ambil dari nokia 2730 saya yang dibeli tahun 2009 kemaren.
Wallpaper s40 jadul di nokia 2730 ini bergerak seperti ikan2 di akuarium, layaknya live wallpaper di android kan !!

2012-02-12-032_1.jpg
Kalau terima sms, foto si pengirim tampil di homescreen s40 ini, bandingkan OS Symbian Belle di nokia n8 saya ini aja ga bisa (by default) kaya gitu.
2012-02-12-034_1.jpg
Nah s40 yang pada dasarnya cantik ini akan segera menjadi OS dgn nama Meltemi. Menariknya OS Meltemi ini akan dikembangkan dengan basis linux layaknya MeeGo !! Dan dirumorkan akan membawa sebagian Swipe UI dari Nokia n9 yang sangat menajubkan itu (dirumorkan iphone 5 akan ‘memakai’ swipe UI ini). Plus nantinya QT akan jalan di Meltemi, sehingga aplikasi Symbian dan MeeGo akan bisa terinstall disini, Yipie…..
6450415459_532aee50dd.jpg
Tapi jangan harap OS Meltemi ini akan sekeren dan secanggih android ics, wp7, iOS atau symbian belle. Karena Meltemi akan dijalankan di processor dan ram rendah untuk memaksimalkan daya tahan batre, ya philoshopi symbian yang diterapkan disini. Prototype meltemi ini bisa kamu liat di nokia asha 300 dan 303, mungkin kamu sempat heran kenapa hape s40 dikasi procie gila 1 ghz dan ram 128mb? Karena nantinya meltemi akan menggunakan procie tsb dan ram 512mb (saat meltemi hadir, spek itu bakal tergolong rendah).
Yang menarik, nokia sepertinya akan membongkar rahasia itu di MWC tanggal 27 februari dengan hints:


run an unusual software feature normally found only on high-end smartphones.
Yang arti bebasnya: “nokia akan mengenalkan perangkat lunak yang ‘unusual’ dan biasanya hanya ada di smartphone kelas atas”. Dugaan saya mengatakan akan ada OS seperti smartphone kelas atas mau dikenalkan mereka, dan kata ‘unusual’ bisa jadi berarti OS tersebut mampu berjalan di procie dan ram minim. malu.gif
Ada fakta menarik lagi…., nokia baru saja dapat dapat persetujuan dari FCC untuk menjual ponsel yang mereka rahasiakan, ponsel itu punya kode produksi RM-833.
rm_8033_label.jpg
Yang menarik dari ponsel rahasia ini adalah batre yang tertanam disana sangat kecil, mungkinkah ini ponsel dengan OS meltemi yang dirumorkan seperti smartphone high end tapi sangat hemat energi (cukup batre kapasitas kecil) karena tidak membutuhkan procie dan ram besar ?? Kita tunggu saja 27 februari ya…., stay tune di twitter saya untuk berita terupdate ttg OS ini.
Ingat !! OS Meltemi ini adalah OS buat smartphone low end nokia, jadi jangan berharap terlalu tinggi (kecuali masalah batrenya malu.gif )

^_^ senangnya bisa berbagi..

0 komentar :

Post a Comment

FOLLOW ME WILL BE FOLLOW YOU
JANGAN BUANG SPAM SEMBARANGAN LHO ^_^

Cancel Reply