cara mengaktifkan personal hotspot atau internet tethering di iPhone

Ada beberapa iPhone user yang menanyakan bagaimana cara mengaktifkan atau menggunakan internet tethering atau personal hotspot di iPhone. Personal hotspot atau internet tethering ini berfungsi layaknya modem internet, cuman Anda menggunakan iPhone sebagai modemnya untuk mengkoneksikan Laptop atau PC ke jaringan internet melalui iPhone Anda.
Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah Anda memiliki paket data internet dari provider kartu SIM. Untuk saat ini hanya Telkomsel dan XL yang didukung oleh iPhone, selain itu belum bisa.
Untuk melihat apakah iPhone Anda memiliki fitur personal hotspot, silakan
masuk ke Settings – General – Network – Personal Hotspot atau Internet Tethering (untuk iPhone 3G). Jika menu tersebut tidak tertampil, silakan coba lakukan “carrier setting update”. Caranya sambungkan iPhone Anda ke WiFi (bisa dapat gratisan di cafe-cafe atau kantor temen terdekat), lalu masuk ke Settings – General – About, jika ada update tersedia, maka akan ada pop up message dan click yes saja untuk update. Untuk pengguna iOS 4 ke bawah, harus dilakukan dengan cara sync dengan iTunes (komputer harus tersambung ke internet). Jika ada update, iTunes akan meminta Anda untuk melakukan “carrier setting update”, klik Yes.
Jika setelah melakukan “carrier settings update” atau versi update tidak tersedia dan masih tidak memiliki menu personal hotspot atau internet tethering, maka silakan contact ke provider kartu SIM dan minta agar diaktifkan fitur internet tethering, kasih tau bahwa Anda hendak menggunakan iPhone Anda sebagai modem internet.
Untuk komputer harus yang menggunakan Mac OS X v10.5.8 atau versi lebih baru dan untuk PC menggunakan Windows XP Service Pack 3, Windows Vista, atau Windows 7. Selain itu perlu cable USB iPhone untuk menyambungkan iPhone ke komputer. Bisa menggunakan Bluetooth, tapi akan terasa lambat. Dan khusus untuk iPhone 4 & 4S bisa menggunakan WiFi. Jadi seolah-olah iPhone bekerja layaknya WiFi router, komputer dikoneksikan ke “Wifi iPhone” untuk mendapatkan jaringan internet.
Semoga info singkat ini bermanfaat. Silakan berbagi pengalaman Anda di Comment di bawah ini, baik pengalaman berhasil maupun belum berhasil.

0 komentar :

Post a Comment

FOLLOW ME WILL BE FOLLOW YOU
JANGAN BUANG SPAM SEMBARANGAN LHO ^_^

Cancel Reply