Bagaimana mengupdate BlackBerry PlayBook ke OS 2.0 Beta?

Saat ini Research In Motion (RIM) memang belum merilis secara resmi sistem operasi BlackBerry PlayBook ke v2.0 namun versi Beta dari sistem operasi itu telah tersedia untuk dicoba terutama bagi mereka para pengembang aplikasi, sehingga pada versi Beta ini masih ada beberapa bugs.
Lalu fitur baru apa saja yang ada pada versi ini? Yang jelas, RIm telah menjejalkan Android Player, Adobe AIR dan juga perbaikan komponen browser yang lebih mendukung HTML 5, namun bagi kami yang begitu menggoda adalah adanya Android Player, sehingga PlayBook ini bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Untuk itu, team kami mencoba untuk mengupdate PlayBook OS yang ada menjadi OS 2.0, walaupun pada perhelatan BlackBerry DevCon Asia 2011 di Singapura beberapa waktu lalu, RIM juga telah membagi-bagikan PlayBook yang telah dijejali dengan OS 2.0 tersebut, namun bagi mereka yang belum mendapatkan OS 2.0, berikut ini langkah-langah yang harus dilakukan :
  1. Backup semua data yang ada, gunakan aplikasi BlackBerry Desktop Manager atau copy secara manual
  2. Daftar-kan PIN BlackBerry PlayBook yang kita miliki pada situs berikut ini
  3. Tunggu beberapa saat, lalu buka Software Update yang ada pada PlayBook yang akan diupdate (Pada saat tulisan ini dibuat, versi yang tersedia adalah 2.0.0.6149 yang memiliki ukuran 510MB)
  4. Unduh OS tersebut dan biarkan hingga PlayBook selesai mengunduh dan meminta restart dan kini PlayBook telah diupdate ke OS 2.0 beta.
Catatan: Karena ukuran file cukup besar (510MB), pastikan PlayBook terhubung dengan koneksi WiFi yang stabil dan pastikan baterai PlayBook cukup, atau selama melakukan update ini pasang PlayBook ke sumber listrik untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.
Menginstal Aplikasi Android di PlayBook 2.0 beta
  1. Unduh aplikasi PPDB Installer pada PC/Notebook yang digunakan
  2. Temukan aplikasi Android yang telah di convert ke .BAR di situs PlayBookBars.com
  3. Pada PlayBook, posisikan ke Development Mode. Masuk ke Setting > Security. pada bagian ini biasanya PlayBook akan meminta Password, masukkan password yang mudah diingat
  4. Jalankan WiFi pada PlayBook dan lihat IP yang ditampilkan pada ikon Development Mode yang ada pada bagian kanan atas layar PlayBook.
  5. Jalankan aplikasi PPDB Installer tadi di PC/Notebook dan masukkan IP yang sama dengan IP di PlayBook, masukkan juga password yang tdai dibuat
  6. Pilih aplikasi .BAR yang sudah diunduh di situs PlayBookBars.com tadi
  7. Klik Install dan voila… kini PlayBook Anda bisa menjalankan aplikasi Android
Catatan: Untuk saat ini, belum semua aplikasi Android tersedia di situs PlayBookBars.com, karena aplikasi Android yang dijalankan di PlayBook bukan file .APK seperti halnya pada OS Android asli, namun dari temuan kami ada beberapa aplikasi yang sudah stabil untuk digunakan.
Install juga Honeycomb Launcher pada PlayBook untuk memudahkan kita mengakses semua fitur Android seperti Gallery, Options dan yang lainnya.
Selamat mencoba.

0 komentar :

Post a Comment

FOLLOW ME WILL BE FOLLOW YOU
JANGAN BUANG SPAM SEMBARANGAN LHO ^_^

Cancel Reply