Opera 10 dengan Mesin Turbo

Dibanding Mozilla Firefox dan Google Chrome, Opera sebenarnya adalah pemain lama. Sekitar dua belas tahun yang lalu browser keluaran Norwegia ini pernah menjadi browser utama saya, ketika waktu itu Internet Explorer masih mencari jati diri (baca: mencontek fitur browser lain) & Netscape Communicator sedang diujung kehancuran. Sayang Opera kalah “hype” dibanding Firefox & Chrome (walau di Eropa cukup banyak pengguna Opera) dari segi marketingnya.


Dari awal software ini muncul, fitur standar bawaan Opera sudah banyak sekali. Tabbed browsing, page zoom, navigasi dengan mouse gestures,
download manager terintegrasi, login/password manager, speed dial, adalah sebagian kecil fitur Opera yang pada browser lain hanya bisa didapatkan dengan menambah plugin. Opera juga merupakan browser pionir yang mendukung CSS dan berbagai standar resmi HTML (Opera mendapat skor 100/100 untuk Acid3 test, disusul oleh Safari).

Pada versi 10, fitur andalan Opera adalah Turbo. Fitur ini sebenarnya mengandalkan teknologi kompresi on-the-fly, website/obyek web di kompres terlebih dahulu pada Opera proxy server sebelum dikirim ke Opera browser pengguna (teknik yang sama dipakai oleh Opera Mobile). Teknik ini akan mempercepat browsing jika Anda menggunakan koneksi internet yang lamban.


Secara default fitur Turbo tidak diaktifkan. Untuk mengaktifkan Anda cukup mengklik icon Opera Turbo pada pojok kiri bawah.




Tampilan Opera 10 juga lebih elegan, dan cukup banyak tambahan seperti preview isi tab, speed dial yang semakin mudah dikustomisasi (seperti gambar di atas), dan satu fitur yang cukup berbeda dengan browser lain: tab yang bisa diubah ukurannya. Gerakkan pointer mouse diantara box tempat mengetik URL/alamat web dengan tab, hingga muncul kursor resize, lalu drag ke bawah. Tampilan tab akan berubah menjadi seperti berikut:



Untuk fitur lengkap Opera dapat dilihat pada http://www.opera.com/browser/features/, dan untuk eksplorasi kemampuan & berbagai tip Opera dapat dilihat di http://www.opera.com/browser/tips/.

Download Opera 10 (Freeware; Windows: 6.56 MB tersedia juga untuk Mac & Linux)

Update: Anda bisa mengunduh versi portable (tidak perlu di install) disini: http://www.kejut.com/operaportable atau http://www.portablefreeware.com/?id=507&ts=1252163373

<script type="text/javascript" src="http://cdn.socialtwist.com/200812185117/script.js"></script>


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:24 PM

0 komentar:

Followers

Powered by Blogger.