Digsby, Pesan Instan + Jejaring Sosial


Image by Jeff Hester via Flickr

Jika Anda punya beberapa IM (Instant Messenger) akun seperti Yahoo, MSN, Google Talk, dll. tentu akan kerepotan jika harus menjalankan semua program IM hanya untuk sekedar chat. Belum lagi semakin banyak banyak program yang Anda buka, semakin besar memory yang di konsumsi hingga bisa mempengaruhi kinerja komputer.
Lalu bagaimana solusinya?
Gunakan program IM multi protokol seperti Pidgin (dulunya Gaim), Trillian Astra atau yang kini jadi favorit saya: Digsby. Tadinya saya cukup enggan menggunakan Digsby karena program freeware ini penggunaan memory nya yang cukup rakus (pada versi Beta). Namun pengembang Digsby cukup tanggap, & mulai membenahi masalah utama ini. Ketika Pidgin, IM yang biasa saya gunakan, bermasalah dengan Yahoo (bug ini kemudia dibetulkan pada versi 2.5.8), saya kembali tertarik menjajal Digsby. Ketika mencobanya akhirnya saya malah keterusan. Jadi mengapa Digsby? Sederhana saja, seperti slogan di websitenya Digsby = IM + Email + Social Networks.

Instalasi

Anda dapat mengunduh Digsby dari websitenya: http://www.digsby.com/. Namun yang Anda unduh ini sebenarnya hanyalah installer saja (yang besarnya hanya beberapa ratus kilobyte). Ketika dijalankan, installer ini baru mengunduh program utama dari website Digsby yang bisa memakan waktu lama karena program utama Digsby besarnya sekitar 16 MB.

Cara Alternatif: jika Anda ingin menggunakan program download manager atau ingin melakukan instalasi Digsby secara offline, Anda dapat mengunduh Digsby dari alamat berikut: http://update.digsby.com/install/digsby_setup.exe .

Update: akhir-akhir ini muncul berbagai perdebatan mengenai cara-cara yang dilakukan Digsby untuk tetap menjadikannya sebagai freeware namun dapat mendanai biaya pengembangan. Saya sudah lama sekali tidak install Digsby dari awal (Digsby melakukan auto update secara otomatis ketika pertama kali dipanggil), & ternyata versi installer dari link resmi Digsby menawarkan 6 program/toolbar sebelum instalasi dimulai! Tentunya Anda dapat menolak program-program “sampah” ini (kecuali memang Anda benar-benar mengingininya). Jadi saya sarankan lebih unduh & install menggunakan Cara Alternatif.

Untuk menggunakan Digsby, Anda perlu memiliki akun. Ketika instalasi, Anda akan diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri secara gratis. Pada akhir instalasi pun, Digsby masih menawarkan berbagai “freebie”. Hilangkan tanda centang untuk fitur-fitur yang tidak Anda inginkan.





Pesan Instan

Layaknya program chat muti protokol lainnya, Digsby menawarkan interkoneksi dengan akun IM seperti: AIM, MSN, Yahoo, Google Talk, ICQ, dan Jabber. Sebagai bonus, Digsby dapat mengintegrasikan Facebook chat, sehingga Anda tidak perlu chat didalam window chat facebook yang sangat kecil. Bagi pengguna Pidgin, saya pernah membuat artikel memadukan Facebook chat dengan Pidgin.

Jika Anda memiliki banyal teman yang sedang online pada Contact List, tekan Ctrl + F untuk menampilakn form pencarian.

Selain mengirim pesan instan, Anda dapat mengirim File (walau ketika saya coba beberapa kali gagal), SMS (belum pernah saya coba), dan menulis email, dan chat secara audio/video langsung ke lawan bicara.

Jika mengaktifkan fitur Log/History, Anda dapat melihat semua percakapan yang telah dilakukan (Tools > Chat History) termasuk percakapan pada chat Facebook. Sayangnya Digsby menyimpan log percakapan menggunakan ID Facebook (angka) dan bukanlah email/nama user. Sedikit menyulitkan, namun Anda bisa menggunakan form Search.



Fitur email yang ditawarkan oleh Digsby tidaklah seperti full email client layaknya Outlook maupun Thunderbird. Tepatnya Digsby menawarkan fitur mail checker (yang bisa diset intervalnya setiap 5 menit, dll.), preview dari email yang masuk, hapus email & membuka email dengan aplikasi email client atau browser (untuk web based email seperti Yahoo, Gmail,dll.). Untuk menulis email, cukup klik icon Email pada window Chat.

Jejaring Sosial

Fitur ini merupakan senjata andalan Digsby, walaupun secara default Digsby baru mendukung Facebook, MySpace, LinkedIn & Twitter. Menambahkan akun jejaring sosial pun cukup mudah melalu menu Preferences.



Ketika dalam posisi aktif (hilangkan tanda centang untuk menonaktifkan), Anda akan diberitahu setiap update yang muncul berupa pop up di dekat tray icon. Dalam window utama Digsby juga akan muncul akun jejaring sosial Anda. Dan seperti fitur email preview, cukup dengan menggerakkan kursor mouse ke atas nama akun email akan keluarlah ringkasan isi dari jejaring sosial Anda.

Perlu diingat, semakin banyak akun chat, email & jejaring sosial yang Anda miliki maka konsumsi memory Digsby pu meningkat. Saya memiliki 4 akun chat, 5 akun email & 2 akun jejaring sosial dan memory yang dikonsumsi Digsby sekitar 43 MB. Relatif kecil menurut saya dibanding saya harus membuka 3 aplikasi chat, 2 aplikasi email, dan 2 tab pada browser secara terus menerus.

Fitur Baru

Digsby versi terbaru (Build 23447) membawa sejumlah fitur baru seperti Global Status, dimana Anda dapat mengupdate status semua akun chat & jejaring sosial secara serentak (bisanya saya menggunakan servis dari http://ping.fm untuk melakukan ini). Bersama munculnya fitur ini, Digsby meluncurkan situs untuk mempersingkat URL (alamat web): http://digs.by . Situs ini berfungsi layaknya http://bit.ly (yang digunakan Twitter) namun saat ini nampaknya hanya bisa digunakan eksklusif pada Global Status Digsby.

Untuk mengantisipasi Windows 7, Digsby juga dibundel dengan skin baru yang tentu saja matching dengan tampilan Windows 7. Anda juga dapat mengunduh skin-skin lain (termasuk conversation theme, emoticon, sound, dll.) pada situs http://digsbies.org/site/. Skin favorite saya pada situs ini adalah Vista.

Kelemahan

Sama dengan aplikasi chat multi protokol lainnya, Digsby memiliki kelemahan pada Audio/Voice & Video chat, dua hal yang kebetulan sangat jarang saya gunakan. Audio & Video chat pada Digsby menggunakan jasa situs pihak ketiga yaitu TokBox. Digsby juga baru mendukung platform Windows, namun versi Mac & Linux sedang dalam pengembangan walau belum ada tanggal rilis resmi.

Bug yang saya temukan pada versi ini adalah: jika Anda memiliki beberapa akun email & menggunakan lebih dari 1 email client, Digsby tidak dapat menyimpan preferensi email client per akun (yang dapat dilakukan pada versi sebelumnya).

Update: Digsby belum mendukung group/conference chat hingga versi ini. Kebetulan fitur ini juga jarang saya pakai. Thx to Wiwied.

Update 2: Masih berhubungan dengan cara yang dilakukan oleh Digsby untuk membuat programnya tetap gratis, Digsby menggunakan “sedikit” kinerja prosesor Anda ketika prosesor tidak dipakai (idle) untuk “grid/distributed" computing”. Grid computing ini bertujuan untuk riset kanker, penelitian, dll. Jika Anda tidak berminat ikut serta, fitur ini dapat dimatikan dari menu Tools > Preferences > Support Digsby > Help Digsby conduct research > Disable.

Walaupun memiliki beberapa kelemahan, Digsby terus diperbaharui dan layak Anda pertimbangkan untuk efisiensi dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Download Digsby (Direct Link, Freeware, 17 MB)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:30 PM

0 komentar:

Followers

Powered by Blogger.