Cara Menambah dan Mengganti Font Blackberry tanpa Aplikasi

Ketika malam ini tidak bisa tidur akhirnya saya putuskan untuk mengotak atik blackberry kesayangan (BB 9000). Kali ini saya ingin sekali menambah dan mengganti font blackberry saya karena sudah bosan dengan font tersedia. 


jadi awalnya saya hanya punya sedikit sekali font jadi ya menerima apa adanya.

font awal dan bawaan
Dan saya cari-cari info ternyata ada aplikasi buat menambahkan dan menggati font, setelah saya pikir-pikir mungkin blackberry akan sama dengan microsoft office dan photoshop yang bisa ditambah font di direktorinya, jadi saya tekatkan untuk mencari info. dan dapatlah di forum kaskus . 3 kali saya mencobanya dan hasilnya gagal. saya coba menganalisa langkah-langkah yang sudah saya lakukkan ternyata sangat sepele permasalahannya yaitu kurang huruf S pada penulisan fonts  ^_^


Dan saya berfikir mungkin langkah-langkah merubah dan menambah font ini dapat berguna bagi orang yang baru menggunakan blackberry seperti saya. Untuk mempermudah saya sertakan screen shoot dari blackberry saya langsung biar tidak terjadi salah penafsiran.


langkahnya silahkan di ikuti secara berurutan dan jangan khawatir salah, karena efeknya tidak parah bahkan tidak ada ^_^:


1. awalnya silahkan buka file explorer Blackberry anda.
File explorer
2.Buka File folder didalamnya 
File folder
3. Lanjutkan membuka Device Memory namun jangan lupa klik menu BB-> centang Show Hidden

4. Cari dan masuklah ke direktori AppData dan diteruskan menuju folder RIM
5. Setelah masuk folder RIM. Anda akan bertemu folder Media buka itu yang kita cari. Tapi, buatlah folder lagi dengan nama  Fonts. awas hati-hati dengan penulisannya, jika huruf kurang (seperti saya) atau penulisan salah maka fonts anda tidak akan terbaca.
6. siapkan font yang akan anda transfer dari komputer anda ke blackberry anda.
7. Setelah anda siapkan font tersebut, gantilah ekstensi font yang awalnya ***.ttf menjadi ***.font
cara merubahnya cukup hanya menggunakan rename biasa.

8.setelah selesai coba anda restart pullbat (bisa juga restart lewat aplikasi )

9. Setelah itu akan muncul font tambahan anda di daftar font dan sudah bisa diaktifkan
yupz semoga bermanfaat ^_^

0 komentar :

Post a Comment

FOLLOW ME WILL BE FOLLOW YOU
JANGAN BUANG SPAM SEMBARANGAN LHO ^_^

Cancel Reply