Cara Menggunakan Siri

Cara Menggunakan SiriSpeech-recognition ‘personal assistant’ Siri di iPhone 4S memang telah menjadi nilai tambah yang sangat penting sehingga penjualan iPhone 4S begitu tinggi, bahkan belum genap sebulan setelah rilisnya awal Oktober lalu.

Pada dasarnya Siri bukanlah sebuah aplikasi atau sesuatu yang bisa Anda download melalui App Store. Selain itu Siri juga tidak memiliki icon seperti layaknya sebuah aplikasi di iPhone. Untuk saat ini Siri hanya tersedia di iPhone 4S dan beberapa uji coba juga tidak berhasil menjalankan Siri di iPhone 4.

1. Cara Set Up Siri

Meski Siri telah ada di dalam iPhone 4S namun Anda perlu setup untuk membuat Siri mengerti nama Anda juga bahasa yang Anda pakai. Buka Settings > General > Siri. Buka ‘My Info’ untuk memilih nama Anda dari Contacts list. Selanjutnya pilih bahasa: U.S. English, U.K. English Australian English, French dan German.



2. Cara Akses Siri: ada dua cara untuk akses Siri

- Dari jarak jauh: Jika nantinya Anda akan kerap menggunakan Siri dari jarak tertentu, misalnya iPhone di atas meja atau di dashboard mobil, tekan dan tahan homebutton. Setelahnya akan muncul dua quick-tones dan sebuah gambar mikrofon di layar iPhone, artinya Siri tengah mendengar apa yang akan Anda ucapkan atau perintahkan. Anda tidak perlu mendekatkan iPhone ke wajah atau mulut Anda karena Siri telah bisa mendengar ucapan Anda.

- Dari jarak dekat: Sebaliknya, Anda bisa mengambil iPhone dan mendekatkannya ke telinga seperti saat menelepon. Anda akan mendengar dua quick-tones lagi yang artinya Siri siap mendengarkan Anda.

3. Tips Menggunakan Siri

Secara umum Anda harus bisa berbicara pada Siri dalam suara dan irama normal sehingga Siri bisa mengerti apa yang Anda ucapkan. Tapi bukan itu saja. Untuk pemula, pasrikan Anda mengucapkan nama dengan tepat dan jelas. Selain itu Anda perlu mengungkapan kalimat perintah dengan cara tertentu agar memberikan hasil yang baik. Untuk mendukung itu semua Anda pelu perhatikan hal-hal berikut:

- Pastikan koneksi internet stabil
Perlu diketahui bahwa Siri tidak memproses speech input secara lokal di dalam iPhone. Software Siri mengirim perintah melalui remote servers sehingga Anda harus terhubung dengan Wi-Fi atau 3G signal.

- Ucapkan secara rinci
Jika Anda mengucapkan sesuatu yang bersifat umum seperti, “Launch iTunes” maka Siri akan bingung mengartikan ucapan Anda.  Untuk itu Anda harus secara spesifik menggantinya menjadi “Play my playlist: Running songs,” atau kalimat perintah sejenis itu.

- Berikan perintah secara lengkap dalam satu kalimat
Saat Anda memerintahkan Siri melakukan sesuatu, seperti mengganti jadwal di Calendar, cobalah memberikan perintah itu secara lengkap dalam satu kali ucap. Contoh, “Change the appointment for Tuesday to 3 p.m.” Cara itu akan lebih bisa dimengerti oleh Siri dibanding saat Anda mengucapkan, “I want to change an appointment.”



- Ucapkan nama secara lengkap
Jika Siri tidak mengenali sebuah nama saat pertama kali Anda ucapkan maka Siri akan memberikan opsi berdasar Contacts. Pilih nama yang Anda maksud dan jika Anda kerap mengucapkan nama itu maka selanjutnya Siri akan memahami apa yang Anda pilih dan tidak akan memberikan opsi nama untuk hal yang sama.

- Tambahkan ‘Relationships’
Untuk menambahkan kata yang menunjukkan hubungan keluarga seperti “wife,” “dad,” dan “daughter,” maka berikan perintah pada Siri seperti, “Call my dad”. Siri selanjutnya akan bertanya siapa ayah Anda dan Anda bisa memilih opsi dari Contacts. Dari situ Siri akan mengerti bahwa ‘dad’ yang Anda maksud merujuk pada satu nama dari Contact list Anda.

Nah, sekarang Anda telah mengerti bagaimana menggunakan dan berbicara pada Siri, sang asisten pribadi. Untuk saat ini, satu-satunya cara agar bisa mendapatkan Siri tentunya Anda harus punya iPhone 4S :)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:38 PM

0 komentar:

Followers

Powered by Blogger.