5 Trik Praktis Mengoperasikan Ponsel Android

BELAKANGAN ini kian banyak ponsel pintar berbasis sistem pengoperasian (operating system/OS) Android beredar di pasar. Ini OS mutakhir dan menawarkan banyak manfaat. Namun, penggunanya perlu menguasai sejumlah trik untuk memperoleh keuntungan optimal dari OS tersebut. Berikut ini beberapa tips dan trik praktis untuk membantu Anda mendapat­kan keuntungan lebih besar dari ponsel berbasis Android.

Trik 1: Memutar File MPEG-4 H.264
Ponsel yang dijalankan dengan Android sudah ditanami perangkat untuk pemu­taran video. Perangkat ini memungkinkan Anda memutar file MPEG-4 H.264 dengan performa lebih smooth di layar ponsel ber­basis Android. Anda bisa mendapatkan setting-setting untuk memutar file MPEG-4 pada ’Video Player’ Android standar yang, sayangnya, mesti Anda unduh dulu dari An­droid Market. Maklum, Android tak dileng­kapi video player. Jangan khawatir, Video Player ini bisa Anda unduh secara gratis dari Android Market dan hanya memerlukan proses pengunduhan beberapa detik saja.

Trik 2: Menggunakan Google Search
Ada ikon pada layar ponsel berbasis Android yang akan membawa Anda ma­suk ke halaman Google Search. Ini fitur untuk melakukan pencarian dengan cepat di Internet. Namun, Anda juga bisa me­manfaatkan fitur tersebut untuk keperluan lain. Misalnya, jika Anda sedang berada di website yang dibangun oleh Google, seperti YouTube, Anda bisa mengklik ikon itu untuk mencari website lain dari Google, dengan mengetik pada kotak pencarian yang muncul kemudian.

Trik 3: Menggunakan Tombol Pintasan
Selama Anda mengetik, jika ingin meng­gunakan huruf dengan font/karakter khu­sus, menghapus satu baris teks sekaligus, menggunakan huruf kapital saja, atau menggunakan fungsi-fungsi lain, berikut ini petunjuk agar Anda bisa melakukannya dengan cepat dan tidak repot: .
1. Memasukkan font/karakter khusus: tekan ALT + sSpacebar.
2. Memblok (highlight) teks: tekan Shift dan gulirkan Trackball.
3. Menggunakan huruf kapital saja: tekan Shift dua kali.
4. Menghapus baris teks di mana kursor berada: tekan ALT + Delete.
5. Memindahkan kursor ke bagian awal atau akhir teks: tekan Alt dan pada saat yang sama gulirkan Trackball.
6. Memasukkan tab space: tekan Alt + Q.

Trik 4: Memasukan file ke SD Card
Untuk memasukan file (dokumen) ke dalam SD Card di ponsel Anda, sambung­kan ponsel dengan PC/laptop menggu­nakan kabel USB. Selanjutnya, tarik ke bawah notification bar di bagian paling atas home screen pada ponsel Anda. Pilih USB connected, kemudian pilih tombol mount, sampai muncul pop-up windows atau removable disk di PC/laptop Anda. Nah, berikutnya, salin file ke SD Card di ponsel Anda.
Setelah file tersimpan di SD Card, Anda bisa menghilangkan tampilan mapping SD Card di PC/laptop dengan menarik ke bawah notification bar pada bagian paling atas home screen di ponsel Anda, kemu­dian pilih turn off USB storage dan, tera­khir, tekan tombol off.

Trik 5: Meneruskan SMS dengan Cepat
Untuk meneruskan dengan cepat SMS yang Anda peroleh, tekan dan tahan pesan yang akan Anda teruskan hing­ga muncul menu pilihan Forward SMS. Setelah itu, masukkan nomor tujuan, dan kirim. ayo

0 komentar :

Post a Comment

FOLLOW ME WILL BE FOLLOW YOU
JANGAN BUANG SPAM SEMBARANGAN LHO ^_^

Cancel Reply