5 Rahasia Copy Paste di OS X


5 Rahasia Copy Paste di OS X
Di OS X Anda bisa menggunakan copy (Command-C) dan paste (Command-V) setiap saat. Tapi tahukah Anda bahwa fungsi copy paste itu bisa Anda optimalkan tidak hanya untuk teks dan grafis? Jika Anda menjalankan Finder, Anda bisa menggunakan copy untuk memindah sejumlah informasi dari item Finder yang terseleksi: nama item, icon juga konten. Hasil dari setiap fungsi itu tergantung dari apa yang Anda pilih untuk paste. Lebih detailnya, Anda bisa cermati 5 rahasia copy paste berikut yang bisa diterapkan di Finder:

1. Copy file atau nama folder
Misalnya Anda punya file dengan nama Docket#OCN-L-3854-09 dan ingin membuat sebuah folder untuk menempatkan file tersebut bersama file lain. Bagaimana Anda melakukannya tanpa membuat kesalahan typo? Cukup pilih file dan tekan Command-C, bahkan Anda tidak perlu secara spesifik pilih nama file. Sekarang buatlah sebuah folder (Command-Shift-N) dan akan terbentu folder dengan nama “Untitled Folder”, lakukan paste.

Jika Anda membutuhkan nama file yang sulit dihapal tadi, pilih file dalam Finder, copy, dan kemudian buka word processor dan paste.

Bonus tip: Jika Anda ingin sebuah list dari semua item dalam sebuah folder, buka folder tersebut, gunakan Command-A untuk menyeleksi semua item lalu Command-C untuk copy. Sekarang beralihlah ke word processor dan paste untuk mendapatkan semua daftar dari file yang Anda pilih sebelumnya.

2. Copy sebuah icon dari satu file ke file lain
Jika Anda tidak mau apa yang Anda download secara default masuk di folder Donwloads maka Anda bisa mengubahnya ke folder lain. Tapi setelah setting donwload folder melalui General pane yang ada di Mail preferences, Anda akan mendapati adanya generic blue folder icon.



Untuk itu Anda perlu copy/paste file icon ke untuk kustomisasi folder tersebut. Sebagai contoh, klik pada Mail app yang ada di Application folder lalu pilih Edit -> Copy. Setelahnya pilih new, plain email download folder dan gunakan Command-I untuk membuka Info window. Klik pada icon yang ada di Info window dan tekan Command-V. Dengan cara itu maka Finder akan paste Mail icon menggantikan default folder icon. Untuk kembali ke original icon, tinggal pilih di Info window dan tekan Delete.

3. Mengganti konten file menjadi sebuah Preview document
Preview program bisa digunakan untuk membuka file PDF dan sejumlah format grafis untuk viewing, annotation atau perubahan format file. Artinya Anda bisa menggunakannya untuk bookmark di sebuah file PDF, mengatur warna atau format hampir semua file grafis/foto, annotate file Photoshop bahkan juga bisa memberikan frames atau membuat sebuah animasi GIF. Tapi jika Anda ingin sebuah copy dari original file karena tidak ingin kehilangan file asli jika terjadi kesalahan edit, Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Untuk itu Anda tidak perlu membuka file di Preview. Cukup gunakan new-wave Duplicate command yang ada di Lion. Jika file yang Anda maksud besar ukurannya, perlu cukup bersabar sampai bisa ter-duplicate. Setelahnya lakukan Save command untuk copy. Atau, Anda bisa pilih file tersebut di Fider dan copy. Beralihlah ke Preview dan gunakan Command-N untuk mengaktifkan New From Clipboard command. Preview akan membuat sebuah untitled document baru dari konten yang ada di Clipboard. Hal ini bisa Anda lakukan meski PDF file itu terdiri dari200 halaman.

4. Paste file dimanapun Anda memerlukannya
Anda bisa melakukan Option-drag pada sebuah file atau folder di Finder untuk copy file/folder tersebut. Tapi untuk paste ke lokasi baru Anda harus membuat lokasi baru itu bisa diakses pada saat yang sama ketika Anda melakukan copy. Setelahnya tinggal paste apa yang telah Anda copy sebelumnya di lokasi baru itu. Anda bisa copy files di Finder juga paste files tersebut di mana saja, juga paste di Mail message window untuk attach file ke email yang Anda buat.

5. Memindah file dengan hidden “Cut/Paste”
Tidak ada Cut command yang di Finder Edit menu. Hal itu dibuat untuk mencegah user cutting file dan hilang sebelum paste. Itulah mengapa sebagai gantinya disediakan sebuah kemampuan cut-and-paste di Finder yang memungkinkan Anda memindah sebuah item tanpa dragging ke lokasi baru.

Untuk melakukannya silakan pilih file atau folder dan copy. Bukalah window untuk lokasi baru dan tekan Option saat Anda membuka Edit menu. Ta-da! Paste command sekarang bisa Anda liha sebagai Move To Here (Command-Option-V). Gunakan command tersebut maka item yang telah ter-copy akan hilang dari lokasi awal dan ter-paste ke lokasi baru.

Nah, sekarang Anda bisa mulai mencoba menggunakan 5 fugsi copy dan paste di atas untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda. Semoga bermanfaat ;)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:06 PM

0 komentar:

Followers

Powered by Blogger.